Selasa, 04 November 2008

Obama Presiden Terpilih AS ke 44



Barack H. Obama, Jr. akhirnya terpilih menjadi Presiden AS ke-44 mengalahkan kandidat dari Partai Republik yaitu Jhon Mc Cain. Obama mendapatkan 338 electoral vote mengalahkan Mc Cain yang hanya menggumpulkan 141 electoral vote. Dengan begitu Obama yang memboyong Joe Biden sebagai wakilnya, mampu mengukir sejarah menjadi Presiden kulit putih atau keturunan Afrika-Amerika pertama yang memegang kekuasaan nomor satu di negara adidaya tersebut.

Mc Cain sendiri telah mengakui kekalahannya atas Obama, dan diapun memberi selamat atas kemenangan Obama. Begitu juga dengan Bush, Bush memberi selamat kepada Obama atas " MALAM YANG MEMPESONA ".

Obama sendiri dalam pidato kemenangannya malam tadi di Chicago, Illinois, AS mengatakan bahwa kemenangan ini adalah kemenangan rakyat AS. Kemenangan ini berawal dari sebuah kesederhanaan. Dalam pidato tersebut Obama berhasil membius para pendukungnya, hingga mereka menangis terharu. Hadir pula di sana Oprah Winfrey yang juga menangis bahagia mendengarkan pidato Obama. Seperti yang sering dia katakan dalam kampanyenya, Obama menjanjikan perubahan. Obama adalah kandidat presiden yang menentang kebijakan Bush, apalagi kebijakan luar negeri Bush. Ini banyak mengundang decak kagum orang-orang tak hanya warga AS, bahkan warga Indonesia banyak yang mendukung Obama. Apalagi Obama pernah Tinggal di Indonesia selama kurang lebih 4 tahun, dan adik tiri Obama yaitu Maya Soetoro-Ng adalah wanita berdarah Jawa. Obama juga mengatakan hubungan luar negeri harus kembali dibina, mengingat citra AS dimata dunia mulai menurun sejak kepemimpinan Bush. Dan tentu saja Obama harus mengatasi krisis yang saat ini sedang terjadi di AS yang berpengaruh terhadap dunia.

Keceriaan menyambut presiden baru tidak hanya dirasakan di AS, warga AS yang berda di Indonesiapun banyak sekali yang menyaksikan nonton bareng melalui layar televisi, seperti di Bali dan Kedubes AS di Indonesia. Begitu juga para warga Indonesia yang yakin bahwa Obama tidak hanya dapat membawa perubahan terhadap AS, melainkan dunia. Perubahan benar-benar akan segera datang!

Biografi singkat :



Jabatan: Junior Senator, Illinois
Partai politik: Demokrat
Masa jabatan: Januari 2005 – Sekarang
Lahir: 4 Agustus 1961 Honolulu, Hawaii
Istri: Michelle Obama

Barack Hussein Obama, Jr. (lahir 4 Agustus 1961) adalah seorang Senator dari Illinois. Ia menjadi perhatian dunia karena pidato utamanya pada Konvensi Nasional Partai Demokrat 2004, ketika ia masih menjadi Senator Negara Bagian Illinois. Tahun itu juga, ia menjadi orang keturunan Afrika pertama yang memenangkan pemilihan ke Senat AS sebagai seorang Demokrat.

Barack Obama dilahirkan di Queen’s Medical Center di Honolulu, Hawaii dari ayah ekonom lulusan Harvard, Barack Hussein Obama, Sr., dari Kenya, dan ibu Ann Dunham, dari Wichita, Kansas. Waktu Obama dilahirkan, kedua orangtuanya adalah mahasiswa di East-West Center di Universitas Hawaii di Manoa.

Ketika berusia dua tahun, orangtuanya bercerai. Ayahnya kembali ke Kenya, dan ia hanya bertemu dengan anaknya sekali lagi sebelum meninggal pada 1982. Ann Dunham kemudian menikah dengan Lolo Soetoro (meninggal 2 Maret 1993), juga seorang mahasiswa East-West Center (MA Geografi 1962) dari Indonesia.

Pada masa kecilnya Barack menggunakan nama ‘Barry’. Keluarga ini kemudian pindah ke Jakarta, di mana adik tiri Obama, Maya Soetoro-Ng, dilahirkan (Obama juga memiliki saudara-saudara tiri dari ayahnya yang menikah lagi). Ketika Obama berusia 10 tahun ia kembali ke Hawaii dan diasuh kakek-neneknya, (Madelyn Dunham) dan kemudian ibunya, untuk pendidikan yang lebih baik. Ia masuk kelas lima di Punahou School, di mana ia lulus dengan honors pada 1979.

sumber: wikipedia


KEKE UTARA, commissioner of PT. Maharaya Bakti Persada
Kontak : utarak@yahoo.com 08997999943

Tidak ada komentar:

Posting Komentar