Sabtu, 01 November 2008

Indonesia unggulan 22 untuk Piala Dunia 2010

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan daftar unggulan dan proses babak kualifikasi zone Asia untuk Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Penentuan daftar unggulan ini berdasarkan hasil dari Piala Dunia Dunia 2006 Jerman, dan pertandingan regional lainnya. Berdasarkan daftar unggulan ini, Indonesia kini berada di posisi ke-22 untuk kawasan Asia. Penenpatan di urutan ke-22 ini merupakan lonjakan yang cukup signifikan, sebab Indonesia sebelumnya masih berada di luar posisi ke-30, tepatnya di urutan 37 pada ranking Asia bulan silam.

Kenaikan peringkat ini tentunya didasarkan dari penampilan mengesankan timnas Indonesia pada babak penyisihan grup putaran-final Piala Asia 2007, di mana timnas Indonesia berhasil mengalahkan Bahrain 2-1, meski kemudian menyerah 1-2 pada Arab Saudi dan kalah 0-1 pada Korsel.

Dari daftar unggulan yang dikeluarkan AFC, Bahrain sendiri kini berada di urutan ke-6, sedangkan Arab Saudi tiga, dan Korsel kedua.

Posisi Indonesia sebagai unggulan ke-22 hanya terpaut tiga tingkat dari Thailand yang berada di urutan ke-19. Namun, posisi Indonesia jauh lebih baik dbanding Vietnam yang berada di urutan ke-25. Padahal Vietnam adalah satu-satunya tim asal ASEAN yang berhasil meloloskan diri ke babak perempat-final Piala Asia 2007.

Menurut siaran pers AFC, untuk babak kualifikasi Piala Dunia 2010 di Afsel tersebut tim peringkat pertama hingga kelima memperoleh bye untuk langsung lolos ke putaran III. Tim peringkat 6-43 diundi dan masing-masing bertanding dengan sistem home & away. dan pemenangnya lolos ke putaran berikutnya.

Di putaran pertama ini, tim urutan 6-24 ditempatkan di grup A, sedangkan urutan 25-43 di Grup B.

Undian pertandingan putaran pertama akan dilakukan Senin (6/8) di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia. Pertandingan perdana penyisihan grup digelar 8 Oktoeber, dan yang kedua 28 Oktober. Pertandingan berikutnya, 9 November dan 18 November.

Untuk kontes Pra Piala Dunia 2010 ini, PSSI telah memutuskan untuk menampilkan timnas senior yang bermain mengesankan di Piala Asia. PSSI juga telah menetapkan untuk mempertahankan manajemen tim Piala Asia untuk menghadapi PPD 2010 tersebut. Manajemen timnas PPD 2010 ini terdiri dari Nirwan Dermawan Bakrie selak chief delegation, Rahim Soekasah wakil chief delegation, manajer tim Andi Darussalam Tabusalla, wakil manajer tim Chandra Solehan, serta pelatih Ivan Venkov Kolev, Syamsudin Umar, Sudarno Baso.

COPY FROM : RIZKIPUTRASEJATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar